Napak Tilas yang Tertunda…

kantor bupati

Kabupaten Mojokerto, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia kota Mojokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik di utara, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu di selatan, serta Kabupaten Jombang di barat. –> Itu adalah definisi dari WIKIPEDIA .

Akan berbeda tentang apa yang aku definisikan mengenai sebuah kota kecil ini meskipun tidak juga disebut kecil namun menilik dari apa yang ditawarkan kepada anda mengenai sebuah definisi kota adalah sangat Jauh dari hingar bingar .
Disini bukan daerah sembarangan sebenarnya , bayangkan saja pabrik kertas Besar milik sinarmas PT.TJIWI KIMIA bercokol angkuh sepanjang entah sudah berkilo untuk satuan area yang disebut pabrik . Ajinomoto pun bercokol disana , pabrik tekstil pun ada , pabrik rokok juga ada , pabrik gula pun juga ada dengan hamparan sawah tebu yang bisa capek kali mata dan jari ngitung kalo mau dengan semangat menghitung pake tuts kalkulator.
Aku mulia meninggalkan kota ini ditahun duaribu disaat di city of AREMA harus memulai fase hidup lain menjadi mahasiswa elektro yang penuh warna mengenal bhinneka tunggal ika manusia-manusia baru , dan disaat kembali ke kota ini lagi tidak pernah merasa ada yang berubah bukan dari sejak saya jarang pulang tapi sepertinya dari sejak saya lahir sampai dengan sekarang ini tidak terlalu banyak berubah secara signifikan secara modernisasi yang merepresentasikan pabrik-pabrik besar ada disana . Tapi itulah apa yang memang kota ini selalu tawarkan , Suasana Rindu dan ketenangan untuk menikmati kota nya yang memang masih angkuh dengan perubahan drastis .

alun2 mojokerto

Sepasang Gapura beronggok tangguh didepan kantor bupati sebagai gerbang masuk , didepan nya persis adalah Sekolah dengan bangunan tua khas belanda , SMPN2 tempat saya sekolah juga kebetulan dan bapak saya mengajar menghabiskan waktu sebagian besar karir mengajarnya dengan pelajarn geografi yang sama sekali merupakan mata pelajaran tersulit untuk saya pelajari dan hafalkan daripada reaksi kimia dan deret aritmatika ataupun rumus-rumus fisika. Tapi itulah bapak yang sudah banyak cerita dari rekan kerja beliau , mantan muridnya yang bercerita bagaimanakah dengan motor yamaha butut dan sisir yang terjepit rapi dijok motor tua itu selalu menemani beliau mengajar dengan semangat dan tetnunya dengan sebuah loyalitas tinggi yang dengan seluruh hormat kepada beliau akan integritasnya tehadap suatu profesi , GURU!!!.
Situs mojopahit yang terkenal dengan trowulan nya adalah dulu tempat semasa aku SMP sering menjadi tujuan bersepeda onthel ria untuk sekedar membawa bungkusan nasi pecel murah meriah lauk bali tahu dan tempe plus sebotol air putih mengayuh bangga dengan sepeda jengki hanya ingin sekedar menyombongkan diri ” sarapan di sendang trowulan” , sungai brantas adalah sungai yang tiap hari dilewati dengan sebuah filosofi mistis meskipun mojokerto adalah kota dibawah sungai namun penjaga sungai yang dulu juga konon merupakan tempat membuang mayat para korban G30S PKI menjaga kota itu dari kebanjiran , dan sepanjang sejarah sebanjir apa bengawan solo atau hulu sungai brantas dengan debit yang antah brantah belum pernah meluapkan airnya ke kota ini dan jangan sampai hal ini terjadi…
Kuliner adalah hal yang patut dijajal juga di kota ini , tidak perlu khawatir dengan harga dan tidak perlu khawatir pula dengan cita rasa karena warung-warung yang ada yang mudah ditemui tidak lebih dari masakan rumah yang sedang diperjual belikan …Sego Pecel , Rawon  , lodeh , semur dan apalagi lah itu….
Dan sepertinya sudah mulai pedih mata ini mencoba merangkai napak tilas yang tertunda karena hanya sedikit merekam jejak lewat jepretan kamera handphone sering ngehang ini.
Mojokerto –> MOXER , original dan ngangeni..

Advertisements

About Peninta Dot Com

Belajar untuk menuliskan dengan benar-benar menuliskanya

Posted on February 16, 2012, in catatan Perjalan and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Ahhh baru ingat .. Ada sebuah janji .. Yg tertunda … Bagian Indonesia selalu mengundang untuk didatangi. Bukan hanya keindahannya .. Tapi juga jiwa-jiwa hangat yg selalu tersenyum untuk kehidupan. Semoga kelak sang waktu mengangguk kepada saya… Tak urung saya pasti bertandang 🙂

    Salam mebading

    • Dengan senang hati untuk janji yang tertunda itu , karena jika melihat waktu yang berdetik..sepertinya akulah yang akan lebih dulu tiba-tiba bertanya dimana RT dan RW nya pas menginjakkan kaki di kota kelahiranmu …:), kegilaan yang menurut insting akan menarik datang kerumahmu tanpa dirimu menahan cerita vulgar tentang dirimu 🙂

      salam dari peninta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: